Kesalahan komunikasi

Komunikasi non verbal (Non verbal communication)
Dalam komunikasi non verbal informasi disampaikan dengan menggunakan isyarat (gestures), gerak-gerik (movement), sesuatu barang, waktu, cara berpakaian, atau sesuatu yang dapat menunjukkan suasana hati atau perasaan pada saat tertentu. Misalnya, pada saat seseorang sedang sakit, atau mungkin sedang stres. Beberapa Komunikasi Non Verbal
  1. Cara berpakaian : komunikasi dengan penampilan. Kita sering mendengar pernyataan "Pakaian menunjukkan apakah ia laki-laki atau perempuan", dan kita mungkin akan memperhatikan bahwa model pakaian mengkomunikasikan sesuatu.
  2. Waktu : menantikan saat Mekanisme lainnya dalam komunikasi  non verbal dalam suatu organisasi adalah penggunaan waktu. Misalnya pada saat kita akan pergi ke dokter atau dokter gigi. Biasanya kita akan memperhatikan waktu, dan di sana biasanya disediakan ruang tunggu. Mengapa kita harus menunggu dokter itu? Karena ia mempunyai keahlian khusus yang dapat meningkatkan pendapatannya dengan memberikan. Akibatnya, waktunya telah diatur sedemikian rupa agar efisien dan menyenangkan.
Tidak hanya dokter yang menyediakan waktu seperti ini. Tetapi orang-orang yang memiliki keahlian lainnya juga menyediakan waktu-waktu tertentu. Misalnya lawyer/penasehat hukum, notaris, konsultan intellectual property (merk, paten), konsultan pajak, dan lain-lain. Namun pada kenyataannya ada juga individu-individu dengan posisi yang tinggi, dalam menyampaikan/mengkomunikasikan ide-idenya menggunakan waktu yang baginya mempunyai nilai yang lebih dibandingkan dengan lainnya, dengan menjadikan orang lain menunggunya.
Dalam masyarakat kita, penyebutan suatu waktu menandakan pesan tertentu tentang jam berapa seharusnya kita berdua/bertiga dst bertemu. Misalnya: waktu "besok" untuk orang Jawa berarti waktu yang akan datang. Namun bagi orang Timor atau Batak menerjemahkan besok sebagai waktu 24 jam setelah hari ini. Misalnya:  dikatakan hari ini Senin, orang Jawa akan mengatakan: "Saya akan pergi besok hari Rabu". Bagi logika orang Timor dan orang Batak besoknya dari hari Senin adalah hari Selasa.

  1. Menggunakan tempat : Apa artinya bagi Saudara Seperti waktu, tempat membawakan komunikasi penting. Misalnya: seorang Kepala Biro, tentu menduduki meja kerja yang besar dengan ukuran tertentu dan bentuk-bentuk tertentu yang biasa disebut sebagai meja biro, di dalam satu ruangan yang besar. Sedangkan para staf atau pegawai biasa menduduki meja dengan ukuran yang lebih kecil, dan di suatu ruangan bersama-sama dengan rekan lainnya.
Demikian juga orang yang selalu duduk di kepala meja persegi panjang. Orang yang duduk di kepala meja mengkomunikasikan dirinya sebagai ”boss" (higher position).

Komunikasi non verbal juga dikatakan sebagai komunikasi bahasa tubuh  (kinesik).  Demikian menurut Cassagrande, O.Diane dalam bukunya Oral Communication (in technical professions and businesses),  (1986), sebagaimana dikutip oleh Alo Liliweri dalam buku  Komunikasi Antar Pribadi, (1991).  Contoh lain misalnya, menunjukkan tanda dua jari sebagai "Victory", mengacungkan jempol sebagai "memuji".
Selain itu,  non verbal communication bisa juga sebagai illustrator. Misalnya, menunjukkan tingginya tubuh seseorang, atau gendutnya perut pelawak, atau rendahnya suatu pohon (bonsai). Ada juga gerak tubuh yang disebut sebagai  regulator  yaitu gerakan anggota tubuh untuk mengawasi aliran sesuatu informasi dari orang lain. Misalnya menggelengkan kepala tanda "tidak setuju" atau "tidak tahu" (apakah ini berlakuuntuk orang India?) dan menganggukkan kepala tanda "setuju". Dan yang terakhir gerakkan tubuh yang disebut sebagai  adaptor,  yang menunjukkan gerakan-gerakan spesifik dari seseorang yang sudah kita kenal betul. Misalnya menopang dagu tanda sedang bingung, mengusap rambut tanda kecewa.

Salah satu masalah yang akan saya ketik kemudian tentang kesalahan dalam komunikasi nonverbal ketika kita berusaha ramah terhadap orang lain yang pastinya tidak hanya pada sesama jenis, namun juga ke lawan jenis. Senyuman dan sapaan ramah ternyata ditangkap sebagai hal yang spesial. Ternyata itu menjadi masalah di kemudian hari.

Itu salah satunya, benar-benar tidak maksimal dalam mengerjakan apa yang bapak berikanL hiks hiks, mungkin bisa saya tambahkan nantinya, moga-moga,amiin

by at Tuesday, October 9, 2012.

Leave a Reply